Apa itu Bread Improver dan Kegunaannya?

Bread Improver merupakan salah satu bahan pangan tambahan yang di gunakan dalam pembuatan roti ataupun donat. Bread improver adalah bahan yang ditambahkan pada adonan untuk mempercepat proses pengembangan adonan roti.

Bahan ini akan memproduksi gas dan memperkuat kadar gluten dalam proses pengembangan adonan sehingga menciptakan hasil akhir yang lebih lembut, empuk dan kokoh. Kandungan utama bread improver adalah enzim, bahan penguat gluten (oxidizing agent), emulsifier, mineral, dan tepung.

Bread Improver ini biasa digunakan oleh produsen roti skala besar, karena bahan ini bisa mempercepat waktu fermentasi. Sehingga untuk produksi roti dalam jumlah banyak yang harus memperhitungkan waktu produksi, Bread improver ini akan sangat membantu sekali.

Selain itu Bread improver juga membantu melembutkan tekstur roti, terutama roti dari bahan selain tepung terigu. Karena tepung selain tepung terigu tidak mempunyai gluten sehingga tanpa bread improver, hasil akhirnya akan keras.

ilustrasi adonan roti
ilustrasi adonan roti

Apakah Bread Improver halal?

Sejauh ini beberapa bread improver yang sering saya temui di TBK sudah memiliki label halal MUI, tidak menutup kemungkinan ada yang belum memiliki label halal ya. Jadi kita sebagai konsumen juga harus jeli mencermati keterangan produk yang akan kita beli.

Apa aja sih merk Bread Improver yang ada di pasaran?

macam-macam Bread Improver
macam-macam Bread Improver

ada macam- macam nih, ya… antara lain Baker bonus, Bakerine plus, IF 100, S500, MJ Bread Improver Premium, dll.

Sebetulnya tanpa tambahan bread improver pun roti bisa bertekstur lembut lho, asal pemilihan bahan dan tekhnik yang di pakai tepat ya. Untuk roti ataupun donat, kunci utamanya adalah adonan yang kalis elastis dan waktu pemanggangan atau penggorengan. Kalo adonan sudah kalis elastis, besar kemungkinan roti atau donat yang dihasilkanpun akan lembut.

Semoga tulisan kali ini membantu yaa…

Bagikan:

Tinggalkan komentar