Baking Soda dan Baking Powder, berbedakah?

Baking soda dan baking powder merupakan dua bahan pengembang kue, berbedakah mereka? Meski memiliki tekstur, warna dan rupa yang sama, namun keduanya memiliki komposisi yang berbeda. Dimana perbedaan ini juga mempengaruhi fungsi dan hasil akhir pada kue yang dihasilkan. Yuk, kita ulas perbedaannya.

Komposisi bahan

Baking Powder
Baking Powder

Dikutip dari buku My Delicious Life Stories karya Ivan Wongso, perbedaan mendasar antara baking soda dan baking powder terdapat pada bahan pembuatnya. Baking soda terbuat dari sodium bicarbonate murni, sementara baking powder terbuat dari campuran sodium bicarbonate dengan bahan asam dan bahan lainnya.

Baking soda adalah senyawa basa yang berarti tidak bersifat asam. Ketika baking soda dikombinasikan dengan elemen asam, maka akan menghasilkan reaksi gas karbondioksida. Bahan yang mengandung asam contohnya antara lain telur, cokelat, yoghurt, madu, cuka, dan bahan lainnya.

Sedangkan baking powder sudah mengandung campuran asam, sehingga tidak diperlukan lagi bahan-bahan yang mengandung asam untuk membuatnya bereaksi. Ketika baking powder dicampur dengan adonan, maka dia akan bereaksi secara instan, saat itu juga.

Karena asam di baking powder berbentuk kering, maka baking soda di dalam baking powder tidak akan bereaksi sebelum ada kontak dengan cairan.

Penggunaan

Muffins
Muffins

Karena baking soda hanya mengandung sodium bicarbonate, maka bahan ini hanya akan bereaksi dan membuat kue mengembang jika dicampur dengan bahan yang mengandung asam, seperti telur, cokelat, yoghurt, madu, cuka, dan bahan lainnya. Agar kue mengembang sempurna, maka segera masukkan adonan kue ke dalam oven begitu mulai mengembang.

Sedangkan baking powder sudah mengandung asam, maka tak perlu campuran bahan lain untuk membuatnya bereaksi. Saat baking powder tercampur dengan bahan cair, adonan akan langsung mengembang.

Dalam penggunaan kedua bahan ini, tentunya harus diperhatikan kue yang ingin dibuat. Jika ingin membuat kue tanpa telur, Anda bisa menggunakan baking powder, namun jika adonan kue Anda sudah memakai telur, Anda bisa menggunakan baking soda.

Bahan pengganti

Baking soda
Bahan-bahan Baking

Jika kita ingin membuat suatu resep dengan penambahan baking powder atau baking soda di dalamnya, namun kita kehabisan kedua bahan tersebut, apa bisa?

Bisa! Dengan menggunakan tepung self rising. Tepung ini sudah mengandung tepung, garam dan baking powder di dalamnya, sehingga tidak lagi membutuhkan penambahan baking soda maupun baking powder.

Rasa

Baking soda mempunyai sifat basa, sehingga perlu diperhatikan takaran penggunaannya. Penggunaan yang terlalu banyak akan menimbulkan rasa pahit dan getir pada hasil akhir kue. Rasa pahit ini timbul karena reaksi antara Natrium bikarbonat dengan Sodium asam pirofosfat dan bahan pengemulsinya.

Sedangkan baking powder yang merupakan campuran antara natrium bikarbonat dan asam, sehingga penggunaannya dalam jumlah banyak tidak akan begitu terasa. Hal ini disebabkan karena natrium bikarbonat yang bersifat basa telah dinetralisir oleh kandungan asam kering yang telah dicampurkan ke dalam komposisi baking powder.

Jenis baking powder

salah satu merk baking powder
Salah satu merk baking powder

Ada dua jenis baking powder yang beredar di pasaran, single acting dan double acting.

Baking powder single acting hanya memiliki satu jenis asam, yaitu asam aksi-cepat. Karena asam ini bereaksi dengan cepat, maka adonan yang telah dicampur dengan baking powder jenis ini tidak boleh berlama-lama diluar oven. Jika terlalu lama berada diluar oven, maka kue yang dihasilkan terancam tidak bisa mengembang dengan sempurna.

Sedangkan baking powder double acting memiliki dua jenis asam, yaitu asam aksi-cepat dan aksi-lambat. Baking powder jenis ini hanya melepaskan sebagian gas sewaktu adonan masih basah, dan adonan akan naik untuk kedua kalinya sewaktu dipanggang di dalam oven. Baking powder double-acting ini cocok digunakan untuk membuat kue dalam jumlah banyak yang adonannya perlu antri utnuk masuk ke dalam oven. Sehingga selisih waktu yang terjadi antara mengaduk adonan dan memanggang tidak begitu berpengaruh terhadap hasil akhir kue.

Demikianlah perbedaan antara baking soda dan baking powder dirangkum dari berbagai sumber. Selamat memasak!

Bagikan:

Tinggalkan komentar