Cara Penggunaan dan Perbedaan A.M dan P.M

Pernah dengar istilah A.M dan P.M? Kedua istilah ini adalah pembagian waktu dalam bahasa Inggris yang digunakan dalam format waktu 12 jam. Berikut ini cara penggunaan dan perbedaan A.M dan P.M

Dalam bahasa Indonesia, kita menyatakan waktu 00.00 sampai 24.00, sehingga tidak ada kebingungan antara pagi dan malam. Namun dalam bahasa Inggris, format waktu yang digunakan adalah 01.00 hingga 12.00. Pukul 10.00 pagi dan 10.00 malam ditulis sama.

Ilustrasi jam (freepik.com)
Ilustrasi jam (freepik.com)

Untuk membedakannya, maka di gunakan istilah A.M dan P.M. Menurut sejarah, istilah ini mulai dipakai pada sekitar abad ke-17. Berasal dari bahasa Latin Ante Merediem yang berarti sebelum tengah hari dan Post Meridiem yang berarti setelah tengah hari.

Untuk penggunaannya, A.M digunakan ketika waktu menunjukkan pukul 00.00 sampai 11.59, sedangkan P.M digunakan ketika waktu menunjukkan pukul 12.00 hingga 23.59.

Sebagai tambahan, khusus ketika waktu menunjukkan pukul 12.00, maka akan disebutkan pukul 12 siang (noon) dan 12 malam (midnight). Karena pada pukul 12.00 (sistem 12 jam) terdapat kebingungan ketika waktu tersebut apakah masuk A.M atau P.M.

Ilustrasi jam (freepik.com)
Ilustrasi jam (freepik.com)

Cara Penggunaan dan Perbedaan A.M dan P.M

Kelemahan lain dari sistem 12 jam ini adalah kebingungan pergantian hari. Misalnya kita mendapat jadwal penerbangan pada Monday, 26 july 2021, 12.00 A.M. Maka akan banyak dari kita yang kebingungan, apakah tengah malam dari minggu ke senin? ataukah tengah malam dari senin ke selasa? Sehingga bisa diambil kesimpulan untuk menggunakan format waktu 24 jam saja untuk menunjukkan waktu tengah malam.

Kebanyakan negara di dunia ini mengikuti sistem 24 jam untuk menunjukkan waktu, hanya beberapa negara saja yang menerapkan sistem A.M dan P.M ini. Negara-negara yang menggunakan AM dan PM yakni Amerika Serikat, Kanada (kecuali Québec), Australia, New Zealand, dan Filipina.

Sekarang sudah lebih paham ya, Cara Penggunaan dan Perbedaan A.M dan P.M. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar