Habbatussaudah, Tanaman Herbal yang Kaya Manfaat

Habbatussaudah atau jintan hitam, merupakan tanaman herbal yang kaya manfaat. Tanaman ini telah digunakan oleh manusia sejak 2000 tahun yang lalu sebagai obat. Bahkan biji jintan hitam ini juga ditemukan di makam Raja Tut atau Nebkheperure Tutankhamun, Firaun Dinasti ke-18.

Bunga Jintan Hitam-Nigella Sativa
Bunga Jintan Hitam-Nigella Sativa

Secara historis, khasiat habbatussauda telah digunakan untuk sakit kepala, sakit gigi, hidung tersumbat, asma, radang sendi, infeksi, hingga cacingan. Studi praklinis telah menunjukkan efek menguntungkan dari habbatussauda.

Di kutip dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat dari Habatussaudah :

Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan minyak atsiri pada habbatussauda dapat memperbaiki gangguan sistem pencernaan, sehingga ekstraknya biasa diminum untuk meredakan kembung atau mengurangi gas dalam perut ketika perut kita sakit.

Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian dari Shahrekord University of Medical Sciences di Iran melaporkan bahwa konsumsi pil ekstrak habbatussauda setiap hari selama dua bulan dapat menurunkan tekanan darah pada orang-orang yang memiliki hipertensi ringan. Ditambah lagi, tidak ada komplikasi yang disebabkan oleh habbatussauda terhadap kesehatan partisipan penelitian tersebut.

Meredakan Asma

Satu studi yang dipublikasikan oleh NIH, pada 80 orang dewasa penderita asma menemukan bahwa mengonsumsi 500 mg kapsul minyak habbatussauda dua kali sehari selama 4 minggu. Secara signifikan meningkatkan pengendalian asma.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Analisa dari 17 studi yang dipublikasi dalam jurnal Pharmacological Research 2016 menyebut kalau habbatussauda dapat membantu turunkan kolesterol jahat dalam darah. Menariknya peneliti menemukan kalau minyak habbatussauda lebih memiliki efek kuat menurunkan kolesterol dibandingkan habbatussauda bubuk.

Biji Jintan Hitam
Biji Jintan Hitam

Melawan Kanker

Habbatussauda mengandung senyawa antioksidan etanol yang diketahui dapat menghambat keganasan sel kanker dan perkembangannya seiring waktu pada tikus lab.

Senyawa tanaman ini membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Dilansir dari Healthline, secara khusus, minyak jintan hitam kaya akan timoquinon, yang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Penelitian menunjukkan senyawa ini dapat melindungi kesehatan otak dan membantu mengobati beberapa jenis kanker.

Bagus untuk Kulit dan Rambut

Ramuan minyak habbatussauda dan jeruk nipis bisa dimanfaatkan untuk mencegah jerawat timbul. Hal ini karena habbatussauda disebut oleh beberapa penelitian punya sifat kuat untuk meredakan peradangan atau inflamasi.

Gunakan ramuan minyak habbatussauda untuk mengatasi jerawat dengan mengoleskannya di kulit dua kali sehari.

Selain jerawat, minyak jintan hitam juga dapat membantu mengobati beberapa kondisi kulit lainnya seperti : Eksim, kulit yang gatal dan meradang, kulit kering, dan Psoriasis.

Menerapkan gel yang mengandung ekstrak habbatussauda ke kulit serta menggunakan produk yang mengandung jintan hitam ini akan membantu melembabkan rambut dan mengurangi ketombe.

Baik untuk Kesuburan

Khasiat habbatussauda juga dipercaya sebagai penyubur kandungan atau penyubur organ reproduksi manusia, di antaranya:

– Menguatkan organ reproduksi
– Menyembuhkan keputihan
– Melancarkan menstruasi
– Menjaga peredaran darah pada organ reproduksi
– Mencegah ejakulasi dini
– Menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh
– Meningkatkan libido
– Menjaga dan meningkatkan kualitas sel telur
– Meningkatkan kualitas sperma
– Menjaga sistem syaraf reproduksi
– Mencegah ovulasi palsu
– Suplemen untuk program hamil

Meredakan Rematik

Laporan studi yang dipublikasi di Avicenna Journal of Phytomedicine 2016, pada 42 orang menunjukkan kalau konsumsi minyak habbatussauda 1.000 miligram sehari selama delapan minggu bisa bermanfaat meredakan rematik. Hal ini berkaitan dengan kemampuan komponen habbatussauda melawan peradangan.

Mencegah Tukak Lambung

Tukak lambung adalah luka yang terjadi pada dinding lambung akibat terkikis oleh asam. Nah menurut studi di Journal of College of Physicians and Surgeons Pakistan 2011 konsumsi habbatussauda bisa bermanfaat melindungi dinding lambung mencegah terjadinya luka.

Penawar Racun

Kandungan saponin yang terkandung pada habbatussauda disebut berguna untuk untuk menangkal racun pada tubuh dan darah. Peneliti dalam International Journal of Health Sciences 2008 melihat habbatussauda secara keluruhan membantu fungsi hati dalam mengelola zat toksik dalam tubuh.

Mengurangi Gejala Rheumatoid Arthritis

Karena efek anti-peradangan dari habbatussauda, sebuah penelitian terbatas, menunjukkan bahwa minyak jintan hitam dapat membantu mengurangi peradangan sendi pada orang dengan rheumatoid arthritis

Saking banyaknya manfaat dari Habbatussaudah ini, sampai-sampai nabi Muhammad S.A.W pernah mengatakan hendaklah kalian mengonsumsi habbatussauda karena merupakan obat dari segala macam penyakit kecuali maut.

Bagikan:

Tinggalkan komentar