Macam-macam Tepung Terigu dan Kegunaannya

Apa saja sih macam-macam tepung terigu? Jika kita baru terjun ke dunia ‘perdapuran’ dan dunia masak-memasak, mau tak mau kita harus mengenal berbagai macam bahan dapur agar kemampuan memasak kita lebih berkembang, ya.

Salah satu bahan yang sering digunakan adalah tepung. Banyak sekali jenis-jenis tepung yang ada di pasaran, yang berbeda fungsi maupun hasil akhir dari olahan tepung tersebut.

Macam-macam Tepung Terigu

Kali ini, kita bahas macam-macam tepung terigu dan kegunaannya dulu aja ya. Tepung terigu merupakan tepung yang terbuat dari biji gandum dan terbagi lagi ke dalam beberapa jenis tergantung kandungan proteinnya, yakni protein tinggi, sedang, dan rendah.

Masing- masing kandungan protein tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kerekatan adonan pada makanan yang akan kita buat. Yuk, kita kenali satu persatu.

1. Tepung Protein Rendah

Macam-macam Tepung Terigu
Salah satu kegunaan tepung protein rendah

Tepung jenis ini mengandung protein dengan prosentase dibawah 10%. Jenis tepung ini cocok digunakan untuk makanan yang tidak memerlukan tekstur, seperti cookies, biskuit, ataupun kue-kue kering lainnya.

Tepung protein rendah akan memberikan hasil akhir yang renyah, garing, rapuh dan mudah patah. Contoh merk tepung protein rendah yang beredar di pasaran adalah Kunci Biru, Lencana Merah, Hana Emas, Tulip, Gatotkaca, dan Mila.

2. Tepung Protein Sedang

Macam-macam tepung terigu
Mengulen adonan

Tepung jenis ini mengandung protein dengan prosentase antara 11%-13%. Karena memiliki lebih banyak protein, maka makanan yang dihasilkan akan lebih sedikit chewy dari hasil tepung protein rendah.

Tepung ini juga disebut sebagai tepung serba guna, karena bisa mensubtitusi tepung terigu protein tinggi dan rendah. Tepung ini biasanya di pakai untuk pelapis pisang goreng, atau tempe mendoan, dan lain-lain.

Merk tepung protein sedang yang beredar di pasaran antara lain: Segitiga biru, Bola salju, Sania, dan Kompas

3. Tepung Protein Tinggi

Macam-macam jenis tepung terigu
salah satu contoh penggunaan terigu protein tinggi

Tepung jenis ini mengandung lebih banyak protein sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan roti, mie, donat, cake dan makanan yang memerlukan tekstur kenyal. Merk tepung protein tinggi yang beredar di pasaran antara lain : cakra kembar, Komachi, Golden eagle.

Kegunaan Lain Tepung Terigu

Selain untuk memasak, tepung terigu juga mempunyai beberapa manfaat lain ya. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini beberapa contoh manfaat untuk kehidupan sehari-hari :

Mengembalikan Kilau Alami Bahan Logam

Caranya campurkan tepung terigu, cuka dan garam hingga membentuk pasta. Oleskan ke bahan logam yang akan dibersihkan tersebut, tunggu hingga kering, kemudian gosok dan bersihkan dengan menggunakan lap lembut

Mencerahkan Wajah

Campurkan tepung terigu dengan sedikit yogurt dan sedikit bubuk kunyit, hingga membentuk pasta. pakailah pasta tersebut sebagai masker, diamkan selama kurang lebih 25 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Mencegah Makanan Lengket Ketika Digoreng

Pernah nggak, goreng ikan trus pas mau di balik ikannya nempel di penggorengannya? nah, tepung terigu bisa mencegah hal itu.

Caranya dengan menaburkan sedikit tepung ke dalam minyak sesaat sebelum kita memasukkan ikan. Tepung terigu juga mencegah minyaknya meletus ketika menggoreng.

Sebagai Shampoo Kering

Ketika kamu sedang terburu-buru dan nggak sempat keramas, ambil sedikit tepung terigu, lalu taburkan ke akar rambut. Setelah itu sisr seperti biasa. Tepung terigu akan menyerap minyak pada rambut, sehingga rambutmu nggak akan terlihat lepek meski belum keramas.

Itulah tadi macam-macam tepung terigu dan kegunaannya serta manfaatnya untuk kehidupan sehari-hari ya. Semoga nggak bingung lagi kalau mau bikin kue harus pake tepung yang mana dan semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar