Mengenal Lebih Dekat Mentega Putih atau Shortening

Pernah dengar tentang mentega putih atau shortening? Pasti banyak yang mengamini. Namun demikian bagi yang baru belajar baking atau membuat kue, pasti ada kebingungan, mentega putih yang mana ya? Apa sama dengan mentega biasanya namun berwarna putih? dan banyak pertanyaan-pertanyaan yang mengikuti di belakangnya.

Meskipun mempunyai nama yang sama, mentega putih berbeda dengan mentega. Mentega terbuat dari susu, sedangkan mentega putih terbuat dari lemak nabati atau lemak hewani bahkan campuran keduanya. Lemak yang masih mempunyai kadar air tinggi tersebut dijenuhkan sehingga menjadi sesuatu yang padat.

Mentega Putih
Mentega Putih

Proses ini sama dengan pembuatan mentega, namun dalam pembuatan mentega akan ditambahkan garam dan bahan lainnya, sedangkan dalam pembuatan mentega putih tidak ada penambahan bahan lain sehingga menciptakan warna yang pucat, tanpa aroma, dan cenderung terasa hambar. Mentega putih atau bisa juga disebut dengan shortening tidak mengandung air sama sekali, sehingga bertekstur padat.

Perbedaan Margarin dan Mentega
www.diannova.com

Titik didih mentega putih atau shortening ini lumayan tinggi, antara 40 – 44° C, sehingga aman disimpan di suhu ruang. Namun demikian hindari menyimpan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung, atau tempat-tempat yang cenderung hangat.

Bakpao
Bakpao

Shortening secara umum biasa digunakan dalam pembuatan roti tawar atau bakpao, sehingga warnanya putih dan menarik. Selain itu shortening juga berperan penting agar tekstur roti atau bakpao empuk dan lembut. Shortening juga biasa dipakai dalam pembuatan buttercream.

Roti tawar putih
Roti tawar putih

Sedangkan dalam pembuatan cookies atau kue kering, shortening bertugas untuk memperpendek atau memutuskan ikatan gelatin yang terbentuk pada campuran air dan terigu, sehingga tekstur kue menjadi lebih renyah. Namun sebaiknya tidak menggunakan shortening untuk resep cookies yang membutuhkan sensasi lembab dan meleleh di mulut ya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar