Mengenal Teknik Au Bain Marie

Pernah dengar istilah Au Bain Marie? Istilah ini juga dikenal dengan nama water bath. Au Bain Marie adalah istilah dalam bahasa Perancis yang mana arti harfiahnya berarti boiling-water bath alias mandi air mendidih. Konon teknik ini ditemukan oleh seorang ahli kimia di Eropa pada abad pertengahan.

Teknik au bain marie ini mirip dengan teknik pengukusan, dimana keduanya memanfaatkan panas uap air untuk mematangkan masakan. Au bain marie biasanya digunakan untuk memasak atau menghangatkan masakan dengan perlahan, menghindari kontak langsung dengan panas api, sehingga tidak banyak mengurangi kadar cairan dalam masakan dan hasil akhirnya masakan tetap lembab.

Pernah melelehkan cokelat dengan cara double boiler? yaitu meletakkan mangkuk berisi cokelat di atas panci berisi air mendidih. Nah, itu merupakan salah satu teknik au bain marie.

double boiler, pondan.com
Double boiler, pondan.com

Cara lainnya adalah dengan meletakkan loyang berisi air mendidih di bawah loyang berisi adonan kue di dalam oven. Biasanya cara ini dipakai untuk resep Japanesse cheese cake atau ogura cake atau creme brulee.

Cara memanggang dengan teknik au bain marie ini susah-susah gampang ya, yuk kita ulas apa aja sih, yang diperlukan:

source : dunia masak
source : dunia masak
  1. Siapkan oven yang cukup untuk ukuran loyang kita nantinya dan panaskan dulu sebelum memanggang kue.
  2. Kita harus punya loyang besar yang tidak bocor tentunya, untuk menampung air panas.
  3. Loyang yang berisi adonan kue harus lebih kecil dari pada loyang air panas kita.
  4. Letakkan handuk tipis untuk alas loyang adonan kue, supaya ajeg / tidak mengambang diatas air panas tadi.
  5. Selalu pantau air di dalam oven. Jika terlihat mulai berkurang, segera tambahkan lagi air mendidihnya. Jika terlihat gelembung-gelembung besar yang menandakan api yang terlalu panas, maka segera kurangi besar apinya.
  6. setelah cake matang, segera angkat loyang kue dari loyang air rendaman. Hal ini bertujuan untuk menghentikan proses memasak.

Jika proses pemanggangan dengan teknik au bain marie ini benar, maka akan menghasilkan cake yang bertekstur lembut dan masakan yang lezat.

Terdengar menarik, kan. Yuk, coba. Semoga berhasil

Bagikan:

Tinggalkan komentar