Perbedaan Margarin dan Mentega

Banyak diantara kita yang masih bingung membedakan antara mentega dan margarin, bahkan banyak juga yang menganggap keduanya sama. Lebih fatal lagi ketika berada di toko bilangnya beli mentega dikasinya margarin he-he-he. Bisa dibilang, kedua bahan ini kembar tapi beda ibu dan bapak. Satu berwarna agak pekat, satunya agak pucat. Namun sekilas sama.

Dalam dunia per-baking-an, penggunaan mentega atau margarin akan sangat berpengaruh terhadap rasa, tekstur, maupun aroma kue yang dihasilkan. Hal ini dikarenakan bahan dasar pembuatan kedua bahan ini sangat berbeda.

Yuk, kita ulas satu persatu.

Mentega VS Margarin

1. Bahan dasar

Mentega berbahan dasar susu yang diolah dengan cara memisahkan lemak susu dari buttermilk. Susu yang sering di gunakan sebagai bahan dasar mentega adalah susu sapi, namun tidak menutup kemungkinan terbuat dari susu domba atau kambing.

Perbedaan Margarin dan Mentega
Gambaran Mentega

Sedangkan margarin berbahan dasar nabati. Meski pada awalnya dibuat dari lemak hewan, namun seiring berkembangnya jaman margarin lebih banyak dibuat dari minyak kelapa sawit, air, garam, dan emulsifier. Namun ada juga margarin yang menambahkan susu sebagai bahan bakunya. Inilah kenapa para vegan dan vegetarian lebih memilih margarin daripada mentega.

2. Warna

Seperti yang sudah disebutkan diatas, warna merupakan pembeda termudah yang bisa terlihat. Mentega mempunyai warna yang cenderung lebih pucat, sedangkan margarin berwarna kuning pekat.

3. Aroma

Mentega memiliki aroma yang lebih enak daripada margarin. Hal ini juga yang mempengaruhi penggunaan bahan dalam pembuatan kue. Jika kita menggunakan mentega, maka kue yang dihasilkan akan lebih beraroma daripada ketika kita menggunakan margarin.

4. Kandungan Kolesterol dan Lemak Jenuh

Karena mentega berasal dari susu, maka kandungan kolesterolnya lebih tinggi dibandingkan dengan margarin. Mentega memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, sedangkan margarin memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal.

5. Tekstur

Margarin mempunyai tekstur yang lebih lembek dibandingkan mentega. Sehingga, margarin sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan kue kering. Sedangkan mentega bertekstur lebih padat, meski demikian mentega juga cocok digunakan untuk kue kering dan cake.

6. Kandungan air

Meskipun mentega bertekstur padat, namun kandungan air di dalamnya lebih banyak dibandingkan mentega. Inilah mengapa mentega lebih mudah leleh dan harus disimpan di dalam chiller, sedangkan margarin tidak perlu. Sebagai tambahan informasi, kandungan didalam mentega adalah sebesar 20% sedangkan margarin sebesar 16%.

7. Harga

Dari segi harga, mentega lebih mahal dibandingkan margarin. Hal ini dikarenakan perbedaan bahan bakunya keduanya.

8. Fungsi

Kedua bahan ini memiliki fungsi yang hampir sama, sehingga bisa saling menggantikan. Namun akan terdapat perbedaan tekstur, aroma, dan rasa tentunya.

Di pasaran merk-merk margarin antara lain : Blueband, Palmia, Vorvita, dan lain-lain. Sedangkan untuk mentega antara lain : Anchor, Elle & vire, Orchid, dan lain-lain. Ketika dalam suatu resep disebutkan “butter”, maka yang dimaksud adalah mentega ya.

Semoga artikel ini bisa membantu.

Bagikan:

Tinggalkan komentar