Review Buku Fiksi : Love Van Java

Judul buku : Love Van Java
Penulis : Patrick Kellan
Penerbit : Patrick Kellan Publisher
Tahun terbit : 2019

Buku ini merupakan salah satu buku andalan dari pengarangnya, Patrick Kellan. Penulis yang besar dari platform Facebook ini menulis alur cerita dengan halus dan tidak mudah ditebak. Mengangkat tema budaya Jawa, tepatnya daerah istimewa Jogjakarta pada tahun 1920-an dengan gaya yang ringan dan mudah dipahami para pembacanya.

Buku Love Van Java
Buku Love Van Java (Dokumen pribadi)

Love Van Java di kemas dengan bahasa sederhana dan dekat dengan keseharian kita. Dengan sisipan bahasa Jawa di antara dialognya, membuat kita membayangkan suasana Jogja jaman dahulu.

Sebagai pemeran utama, Wulan digambarkan sebagai gadis desa yang polos dan tidak becus melakukan pekerjaan rumah. Dia baik, namun kebaikannya sangat manusiawi. Bukan kebaikan yang terlalu menye-menye khas sinetron yaa.

Karena suatu kejadian yang memicu kesalahpahaman diantara warga desa, Wulan terpaksa menerima perjodohan dengan Raden Mas Arun yang merupakan anak tunggal sang Adipati desa.

Kesulitan Wulan bertambah ketika dia diharuskan tinggal di kediaman sang Adipati sebelum menikah, untuk mempelajari tata krama orang-orang priyayi. Menghadapi calon mertua yang judes, dan mantan tunangan Raden Mas Arun yang cantik dan mriyayeni, Raden Ayu Marina.

Namun di balik sikap anggun dan lemah gemulai yang di tunjukkan oleh Raden Ayu Marina, tersimpan sifat culas.

Sang tokoh utama prianya, Raden Mas Arun, digambarkan sebagai seorang pria yang dingin namun sebenarnya baik hati.

Love Van Java Hal 44
Love Van Java Hal 44

Pangeran tampan berkuda, yang suka berburu menggunakan panah. Diihhh… serasa ngebayangin Lee Min Ho, naik kuda putihnya tapi pake blangkon hahaha.

Banyak kejadian lucu dan menggemaskan yang terjadi antara Wulan dan Raden Mas Arum. Sikap salah tingkah yang dilakukan seseorang di depan orang yang disukai, hingga hal-hal memalukan yang tidak seharusnya dilakukan oleh seorang priyayi.

Ada beberapa konflik yang muncul, terutama dengan kemunculan Rara Marina, yang tidak terima dengan putusan pembatalan pertunangan sepihak yang dilakukan oleh Raden Mas Arun karena kedatangan Wulan.

Lalu kemunculan seorang pemuda tampan yang mengalami kecelakaan naas di desa tersebut, yang sedikit demi sedikit mengungkap rahasia Wulan.

Ada juga cerita tentang Sumi, gadis pelayan yang suka halu namun baik hati dan selalu berada di pihak Wulan.

Novel fiksi Love Van Java ini merupakan kisah asmara yang berlatar budaya Jawa dan dikemas dalam romansa ala Drama Korea. Dengan kepingan-kepingan puzzle yang bertebaran dari awal dan terbangun halus hingga akhir cerita.

Novel dengan tebal 262 halaman ini saya beli seharga 79.000 rupiah di salah satu Market Place.

Bagikan:

Tinggalkan komentar